Welcome and thank you for visiting. Hopefully this blog useful for you.

6.22.2011

Tehnik dasar fotografi untuk pemula

DOF ( Depth Of Field )

Depth of Field (DOF) atau ruang tajam ini adalah tehnik dasar fotografi, DOF berperan untuk menghasilkan foto dengan variasi ketajaman ( fokus ). Setiap foto memiliki kedalaman ( depth ) yang terbagi atas foreground ( depan ) dan background ( belakang ).
DOF sama seperti halnya dengan mata kita, coba anda acungkan jari di depan mata, dan anda fokus untuk melihat jari anda, pasti backgroundnya akan terjadi blur. Dan sebaliknya coba nda fokus untuk melihat backgroung, pasti jari anda akan blur.
Contoh foto DOF ( Depth Of Field ):




perhatikan background






perhatikan background






perhatikan backgroung



Pasti anda pernah melihat foto dengan suatu objek yang tajam dengan background yang blur. Teknik sangat digemari karena dapat memperkuat objek pada foreground dan juga terasa lebih artistik. Caranya adalah dengan bukaan diafragma yang besar, misalnya F/1.4, F/1.8, F/2, dst. Semakin kecil angka di belakang huruf F,semakin besar bukaan diafragmanya.
Logikanya gini misalkan mata anda memiliki kekurangan misalnya minus 2 ( -2 ) dan anda tidak menggunakan kacamata pasti anda tidak mampu untuk melihat benda yang jauh karena blur. Coba anda sipitkan mata anda, sama saja seperti mengecilkan bukaan lensa kamera pasti penglihatan anda akan lebih fokus. Namun jika terlalu sipit maka penglihatan akan gelap. ^^



No comments:

Post a Comment